TribunKSN - Sebuah helikopter militer Kanada yang beroperasi sebagai bagian dari pasukan pengintai NATO dilaporkan hilang di perairan internasional antara Yunani dan Italia pada Rabu (29/4).

Laporan awal Angkatan Udara Yunani mengatakan sebelum hilang kontak, helikopter tersebut berada sekitar 80 kilometer dari Pulau Cefalonia, Yunani.

Helikopter nahas itu tengah berpatroli setelah lepas landas dari pangkalan militer di Fredericton, Kanada.

Selain militer Kanada, kapal perang Italia, Yunani, dan Turki juga turut serta melakukan patroli dari Yunani ke perairan Italia. Misi gabungan tersebut dilakukan untuk untuk mencegah agresi Rusia di Eropa Tengah dan Timur.

Sumber militer kepada AFP mengatakan saat ini Angkatan Laut dan Udara Yunani ikut turun tangan melakukan proses pencarian dan penyelamatan.

Mengutip Associated Press, pimpinan militer Kanada membenarkan insiden tersebut dan kini sedang melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi untuk mencari tahu penyebab kejadian nahas itu.

Pihak militer Kanada melalui akun Twitter resminya membenarkan telah kehilangan kontak dengan helikopter Siklon CH-148 yang saat melakukan latihan bersama tentara Italia, Yunani, dan Turki.