TribunKSN - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan bantuan 5000 alat rapid test atau tes kilat virus corona kepada Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Penyerahan bantuan rapid test ini dilakukan di Gedung Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/4). 

Penyerahan alat tersebut dilakukan Prabowo bersama beberapa staf Kementerian Pertahanan, juga bersama Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono.

Dalam kesempatan itu, Trenggono mengatakan alat yang disumbangkan pihaknya ini diserahkan untuk mendeteksi penyebaran wabah corona di Bekasi. Mengingat Bekasi adalah wilayah perbatasan langsung dengan Jakarta.

"Rapid Test merupakan salah satu cara untuk bisa mendeteksi lebih awal penyebaran Covid-19," kata Trenggono di Jakarta.

Trenggono mengaku Rahmat kepada Prabowo mengatakan bahwa Kota Bekasi yang saat ini dia pimpin memiliki kurang lebih 2,4 juta warga. Per hari ini, kasus positif di Kota Bekasi telah mencapai 232 orang, dengan korban meninggal sebanyak 125 orang.

"Sementara yang dapat disembuhkan baru 60 orang," kata Trenggono.

Untuk itu, kata dia, ribuan alat rapid test yang diberikan saat ini diharapkan bisa membantu Pemkot Bekasi memetakan 56 kelurahan di wilayahnya yang terindikasi menjadi wilayah penyebaran corona.

"Kami menghargai Wali Kota Bekasi yang menyempatkan mampir ke Kemhan untuk menerima bantuan ini," kata Trenggono.

Dalam kesempatan itu, Trenggono mengatakan wabah Covid-19 saat ini bisa diibaratkan sebagai musuh yang mengancam keselamatan manusia. Maka sudah sewajarnya setiap elemen bangsa mengerahkan segala daya dan upayanya untuk melawan wabah tersebut.

Dia menambahkan, saat ini situasi negara memang dalam keadaan yang cukup berat. Khususnya dari sisi ekonomi. Meski begitu dia memastikan pemerintah terus berusaha dan bekerja keras untuk memulihkan kembali situasi yang tengah terjadi saat ini.

"Dan percayalah, Kementerian Pertahanan akan selalu berusaha berjuang untuk kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia. Kami akan membantu, begitu juga daerah-daerah lainnya," kata dia.